Pengertian marketing Mix
yang akan saya bahas dalam artikel ini berdasarkan apa yang saya pahami
di bangku kulyah dalam pelajaran manajemen pemasaran, kita terkadang
sering mendengar, sering membaca dan bahkan pempelajarinya namun karena
manusia tempatnyasalah dan lupa akhirnya apa yang telah terjadi kerap
sekali dilupakan atau terlupakan tanpa sengaja karena sibuk dengan hal
lain, itulah sebabnya saya tulis artikel ini bertujuan untuk membantu
yang membutuhkannya untuk kembali mengingat apa itu pengertian marketing
Mix.
Pengertian marketing Mix
Secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah
marketing Mix adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara
terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam
menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.
Pengertian Marketing Mix menurut pakar marketing dunia yaitu Kotler dan Amstrong pada tahun 1997 berbunyi :
“ Marketing
mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleads
to produce the response it wants in the target market”
Bahasa indonesianya kurang lebih : " Marketing
Mix adalah sekumpulan variable - variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat
penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran"
Marketing Mix sendiri didalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur 4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada 7P
artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau
benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut
saya kita bebas menambahkan selama apa yang ditambahkan bisa menjadikan
strategi pemasaran yang kita lakukan semakin hebat.
Apa saja unsur – unsur marketing Mix baik 4P atau 7P tersebut, berikut disebutkan :
- Produk
- Price
- Promotion
- Place
- Partisipant/ People
- Proses
- Physical Evidence
Marketing Mix Product :
Produk
sendiri terbagi dua yaitu produk nyata bisadilihat dan produk tidak
nyata atau jasa hanyabisa di rasakan tapi tidak bisa di lihat. Dalam hal
produk perlu di perhatikan kualitas, layanan, dll karena konsumen
ketika membeli bukan hanya sekedar ingin tapi juga membutuhkan dan harus
kita perhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.
Marketing Mix Price :
Strategi
dalam menentukan harga yang kita tawarkan kepada konsumen , karena harga
juga penentu apakah konsumen mau membeli produk kita atau tidak.
Marketing Mix Promotion / Promosi :
Merupakan
strategi dalam mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari
penjual kepada pembeli, dalamhal ini kita harus pandai – pandai menyusun
strategi promosi agar produk kita bisa dikenal olehkonsumen.
Marketing Mix Place:
Sering
juga di sebut saluran distribusi, yang berarti keseluruhan kegiatan atau
fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari
produsen ke konsumen akhir atau pemakai.
Marketing Mix Partisipant or People :
Partisipant
atau people yang di maksud adalah mereka yang ikut berpartisipasi dalam
startegi pemasaran produk atau jasa, misal dalam usaha restoran maka
yang di maksud adalah para kasir, pelayan, dan penjual sayur dll.baik
yang terlibat langsung mau pun tidak.
MarketingMix Procces :
Kegiatan
marketing mix yang menunjukan bagaimana proses pelayanan yang di berikan
kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk atau jasa yang
kita tawarkan.
Marketing Mix Physical Evidence / Lingkungan Fisik :
merupakan
Lingkungan fisik yang berkaitan dengan keadaan atau kondisi yang di
dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan
segi paling jelas dan nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran .
maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kondisi secara
geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara,
aroma fisik , cahaya yang terpancar , cuaca yang baik, peletakan dan
layout yang nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai obyek
stimuli hal ini di kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.
Demikian pembahasan pengertian marketing Mix
dan sedikir penjelasan unsur – unsur marketing mix secara global, jika
ada keslahan dan kekurangan saya persilahkan anda memberikan komentar di
bawah artikel ini untuk membenarkan yang salah atau menambahkan yang
kurang tentang pengertian marketing Mix ini . salam sukses.
0 komentar:
Posting Komentar